Top Social

cerita-cerita untuk dikenang

Tentang Ikhtiar Memperbesar Kapasitas Diri

Sabtu, 11 September 2021
Allah Maha Baik.

Tulisan ini dibuat setelah nonton live @adiawarja di instagram. Seorang yang jujur aku gak kenal haha siapa dia ya, tapi alhamdulillah sedikit banyak memengaruhi dalam semangat belajar. Makasiii mas feb, barokah ilmunya insyaallah.

Terinspirasi buat bisa fokus desain kayak mas feb, beliau udah 10 tahun kerja jadi desainer yang klien-kliennya dari luar negeri. Sebagai orang awam, tentu aku harus banyak cari tau, belajar, upgrade diri, biar ga stuck sama perasaan 'kok aku gini-gini aja' padahal emang ga pernah berubah. Masih sibuk milih, mau desain apa nulis. Apa dua-duanya. Apa gimana. Apa mau berhenti semua. Galau banget. Bingung.

Yaudah lanjutin aja yang aku mampu, ya aku kerjain. Gitu aja udah. Pokoknya upgrade diri, sedikit demi sedikit, pokoknya ikhtiar biar cita-cita punya kerjaan yang deket orang tua dan uangnya berkecukupan buat bantu orang terdekat bisa terwujud.

Iya kan namanya belajar lari pasti dimulai dari belajar jalan. Belajar jalan dimulai dari belajar ngerangkak dulu. Belajar ngerangkak harus lahir dulu, ada fisiknya ada jiwanya.

Kalo nggak paham, intinya udah ada kemauan dulu, terus persiapan segala macam untuk ditempa jadi makin baik dan makin baik lagi perubahannya. Mas feb ini kadang kasih tips tipis-tipis, gak melulu branding diri yang bombardir konten daily feeds (yha karena banyak klien juga sih, mana sempat) dan banyakan share meme (tapi sering relate jd menghibur, very nice hahaha). Jadi tuh, maksud dan tujuan nulis ini adalah aku mau bertumbuh jadi fokus ke desain karena cukup lama berkecimpung di dunia ini tapi nilai manfaatnya masih sedikit sekali buat bantu orang lain. Ternyata oh ternyata, memang aku yang gak upgrade kemampuan.

Ikhtiar yang aku lakukan masih tipisssss sekali dan ga berusaha eksplorasi lebih jauh, bahkan masih sering disuapi bahkan sama tim (makasih ya tim richmin udah mau bantu, semoga aku bisa segera catch up naikin skill biar gak urusan lagi sama spacing terus). Setelah kerja di China Town, aku makin sadar sama kekuranganku diberbagai hal.

Setelah sadar tentang kekurangan diri dari segi komunikasi, kurang ngaji, sekarang tentang skill desain ini. Tertampar juga sama keinginan hati buat dakwah tersirat lewat caption instagram tapi gak sadar diri kalo gak punya pengalaman apa-apa. Ih malu kali tuuu. Udah sana banyak belajar dulu aja gausah sotoy. Belajar aja belajar.

3 bulan di China Town, punya email kantor dengan kata depan designer@namakantor(dot) com sering jadi bahan lamunan. Kok bisa ya, jadi desainer?

Design is not my passion.

Dari dulu karena keseringan di rumah, hobiku cuma baca, ngapalin jargon iklan di tv, sama ngayal. Gak ada faedahnya ya kalo diliat-liat? Apa coba ngapalin iklan di tv. Tapi ya qodarullah, tiap nyalaim tv yang muncul iklan jadi hapal sendiri.

Jadi desainer pun berkat rahmat Allah, dikasih keluarga yang berkecukupan dan lingkungan yang mendukung buat belajar komputer dan perangkat lunaknya semacam corel draw dan photoshop. Yang lama-lama, jadi fokus main photoshop sampai punya gelar desainer.

Momen main photoshop ini dimulai dari iseng bikin cover fanfiksi oppa-oppa sama eonni-eonni korea hahahaha. Pernah ada masanya jahiliyah, dan sesuka itu sama mereka sampai bikin cerita dan covernya sendiri. Sekitar tahun 2011an mungkin, lupa sih kapan main photoshop. Tapi inget banget dulu Ps masih warna putih sama gambar mata belum ada Ps CS atau CC, bahkan pas pertama punya laptop di tahun 2011 masih pake Ps CS3 hoho. Baru upgrade ke CS6 tahun 2017, dan CC 2015 di tahun 2021. Sama-sama 10 tahun kayak mas feb di dunia digi-digi ini tapi aku masih belum ada apa-apanya astagfirullah ngapain aja yak :')

Alhamdulillah ga gitu nyesel juga waktu muda melakukan itu, karena di umur segini pada akhirnya ngerti dari kegiatan kurang bermanfaat itulah aku jadi mau berubah.

Sekali lagi aku gak ngerti desain, aku gak pernah ngerasa punya passion apapun. Yang aku lakuin selama ini cuma untuk memenuhi rasa penasaran aja. Sangat jelas ini hidayah Allah biar berhenti dari ngayal ga jelas.

Mudah-mudahan 10 tahun lagi kalau Allah kasih rezeki umur, di umur 34 aku bisa punya nilai manfaat yang lebih lagi buat bantu orang sekitarku kayak yang mas feb lakuin hari ini. Tentunya, aku juga berdoa buat kamu yang baca tulisan ini, bisa sama-sama ikhtiar buat berdakwah dalam bekerja supaya jadi manusia yang bermanfaat. Biar ketemu Allah nanti gak malu. Biar ketemu malaikat nanti seluruh tubuh kita bisa jawab yang baik-baik karena mulut kita dikunci ga bisa bohong.

Mudah-mudahan Allah ampuni kita semua. Semangat yuk jadi yang lebih baik lagi!