Top Social

cerita-cerita untuk dikenang

Perjalanan Ke Barat : Masjid Istiqlal

Minggu, 10 Oktober 2021



Akhirnya ke Istiqlal lagi setelah dua tahun. 




Berasa nyari kitab suci ya, judulnya. Kayak Journal to The West yang ada Sun Go Kong itu loh dulu ada di TPI (sekarang MNC) hahaha. Ngomong-ngomong sebelum mulai, mau apresiasi diri sendiri hari ini beneran mau ngelakuin #MingguMain dan pergi sendirian naik transjak. Keren. 😌👏🏻

Kalau ada yang baca dari postingan awal China Town, aku udah nyebutin di sini suara adzan itu jarang kedengeran. Jangankan adzan, ada yang muslim aja paling satu atau dua orang. Terkejut dan terkaget-kaget di Ibukota dengan presentasi muslim sebagai mayoritas, ada wilayah yang nggak punya masjid begini. Menjadi minoritas di tempat mayoritas, sungguh ajaib Allah kasih storyline begini di hidupku. 

Dua tahun nggak ke masjid lambang toleransi beragama seperti Masjid Istiqlal ini, banyak banget perubahannya! Paling mencolok pas mau masuk harus scan. Hahahha! Aplikasi wajib yang masyarakat Indonesia harus install itu sekarang pedulilindungi. Jangankan mall, masjid juga harus scan. Yaa, gak apa-apa sih, salah satu bentuk ikhtiar juga. Siapa tau emang terinfeksi kan jadi bisa segera ditangani medis. 

Trus pas masuk ke taman, widih... Pangling. Berasa di Arab meskipun belum pernah ke Arab. Suasananya dapet lah. Dulu, setelah dari gate, langsung parkiran. Sekarang udah bukan parkiran tapi jadi pelataran. Nggak tau yang punya mobil sama motor, parkirnya di mana ya? Aku tadi pake umum jadi jalan kaki sesimpel itu. 


©Estuwise
Pelataran Istiqlal, 2021.


Masih suasana haru karena abis melewati seratus delapan puluh menit penuh perjuangan, masuk ke Istiqlal makin terharu. Cakep banget masyaallah, rapi bersih, indah banget. Sebagai makhluk yang udah lama gak ketemu masjid, rasanya pengen peluk-pelukin si masjid deh. Kangen. Pernah gak sih, saking kangennya sampe gak tau mau ngomong apa cuma bisa nangis. :) 


Seperti biasa, gate 7 yang umumnya selalu dibuka. Dan gerbang Al Fatah jadi poin utama. Cuma karena mau cepet-cepet wudhu, kebetulan gerbang Al Qudus dibuka, yaudah langsung cus. Agak penasaran, gerbang Assalam ini paling deket dari gate 7, tapi paling jarang dibuka. Trus karena sepi, yaudah deh aku foto aja. Siapa tau jadi inspirasi ide novel lain (sekali dayung dua tiga pulau terlampaui ya haha). 


©Estuwise
Pintu Assalam, 2021.


Setelah wudhu, naik tangga langsung ke tempat solat khusus akhwat (perempuan). Aku belum pernah tau tempat wudhu yang ikhwan (laki-laki) di mana. Tapi yang jelas dari pintu Al Qudus itu langsung tempat wudhu perempuan. Jadi, jangan salah ya. Nanti nyasar isinya ibu-ibu lagi buka hijab semua. 

Disambut dengan kubah besar yang menyerap seluruh kelelahan tubuh ini. Masyaallah, nggak ada hentinya mata ini berderai-derai, bersyukur masih dikasih kesempatan untuk hidup dan dateng ke masjid besar Istiqlal. 


©Estuwise
Kubah Masjid Istiqlal, 2021.


Berasa banget, aku yang kecil ini semakin kecil dihadapan-Nya. Kalo kata Feren, aku itu mini. Jadi kalau di kantor aja aku dibilang mini, sama Allah aku udah kayak atom electron kali ya saking kecilnya.

Berkali-kali ke Istiqlal nggak pernah nggak nangis pas masuk ke area solat. Kayak... Kebayang gak sih, kita tuh sekecil itu, sama masjid ini aja kita kecil... Terus kenapa kok bisa-bisanya sombong gak pernah nyariin Allah, bisa-bisanya sotoy dan maksain kehendak padahal Allah Maha Besar. Allah itu Maha Besar lho, diriku... Hellloowwww kok kamu sering memperbesar masalah kecil? Gak inget punya Allah yang Maha Besar ya? 


Karena pas nyampe sana udah masuk waktu ashar, jadi menunaikan ibadah sholat ashar dulu berjamaah. Itu aku denger adzan aja langsung tidak kuasa menahan haru, kayak kuping aku tuh segar kembali. Hatiku berasa penuh, ditambah di china town mana ada solat jamaah, adzan aja gak kedengeran malah nyaris gak ada. Jadi berasa triple combo, diserang hingga runtuh. Aku cuma bisa bersyukur. Berasa recharging energi. 


Aku baru mau pulang pas selesai isya, karena hari sudah gelap jadi memutuskan untuk ojol daripada naik turun transjak, pegel bun. Gak masalah mahal dikit, yang penting nyampe tempat cepat dan aman. 

Sedikit bonus foto:


©Estuwise


©Estuwise





Hal yang bikin cukup sedih adalah ini pertama kalinya aku ke Istiqlal sendirian. Biasanya sama Zhan, sobat sekamarku yang bulan depan akan jadi istri orang. Semenjak pandemi dan pisah kosan, kami cuma saling kontak via doa dan whazap, nggak ke masjid bareng buat qiyamulail, ngaji, atau sekadar random datang ke kajian bareng. Rinduuuu banget masa-masa kita itu, Zhan. Tapi gapapa, next kamu bakal melakukan itu semua sama kekasih halalmu, masyaallah... Terharu banget liat perjuangan zhan berubah jadi seperti sekarang. Biidzinillah, I've been watching for this 5 years. You're growing, ukh.. Barakallah. :') 


Selain nangis kangen, ternyata nangisin momen indah juga agak bikin hati penuh ya. Bener-bener hari ini bersyukur Allah gerakin ke Istiqlal. Refresh dari duniawi yang gak ada jedanya, berasa balikin energi buat belajar lagi. 



Sesungguhnya bersama kesulitan, ada kemudahan. 
Bersama kesulitan, ada kemudahan.


Bisa, insyaallah bisa. Allah yang bantu.