Top Social

cerita-cerita untuk dikenang

Dosen Bimbingan Aja Cerminan Diri, Apalagi Jodoh?

Senin, 04 Oktober 2021

Wisuda daring entah sudah angkatan berapa di setiap universitas di negeri ini. Suka cita melepas lelah mengerjakan skripsi dengan sebuah gelar di akhir nama pribadi. Sah jadi alumni, dan siap berkelana mencari kepingan hati. Ada yang lanjut studi, ada yang mengabdi pada suami, ada yang langsung travelling sendiri, kepingan hati yang hanya pribadi yang mengerti.


Melihat adik-adik kelas saya, satu per satu dari instagram story, membuat saya berpikir lagi, oh beginikah saya dulu? Mereka-mereka yang melihat storyku, begini ya rasanya. Ikut senang, ikut gembira dan tertawa dengan shit-post chat yang diunggah. Beberapa orang malah sangat akrab dengan dosbing mereka karena sering diskusi tugas akhir dan mungkin revisi tanpa akhir sampai akhirnya benar-benar selesai menyandang gelar sarjana.


Teringat 2019, saat masih jadi mahasiswa semester akhir.  Pas turun SK bimbingan skripsi, gak nyangka dapet dosen bimbingan yang paling santuy se-kampus. Beliau pernah ngajar di semester awal. Orangnya gak ribet, tugas semua dipermudah, kalau ngajar bahasanya gue-elo, kalau dibilang asik yaa asik-asik aja. Gak susah dihubungi juga, alhamdulillah bimbingan skripsiku cepat dan lancar. Disaat yang lain harus menangis ngerjain skripsi, aku sambil skripsian malah kerja freelance nulis artikel, kadang fotografer nikahan juga. Apa ajalah aku kerjain malah kayaknya. Skripsi tetep jalan, kerjaan juga jalan. Nggak, bukan karena aku hebat, ini Allah yang mau, berkat bantuan Allah semuanya ke-handle meskipun tahun itu lagi patah hati juga.


Bentar....


Kayaknya aku tiap tahun patah hati mulu deh! HAHAHA.


Oke skip. Lanjut dulu.


Ada yang bilang kalau dosen bimbingan adalah cerminan diri. Kalau kamu orangnya peduli, dapet dosen yang peduli. Sampai titik koma aja diperhatiin banget, spacing juga, layout segala macem. Peduli banget. Ada yang gak pedulian, bahkan sampe susah dihubungin dosbingnya padahal mahasiswa udah ngejer-ngejer kayak apaan tau. 


Berhubung aku dapet dosbing yang santai, aku jadi mikir... oh apa aku sebenernya orang yang santai ya? Tapi kalau tengok ke belakang, wow kegiatanku kayak ugal-ugalan deh, aku santai sebelah mananya ya???? Keheranan sendiri pemirsa. Padahal gak perlu heran juga sih. Allah Maha Tahu dengan apa yang aku butuh. Kenyataannya memang aku butuh dosbing yang santai karena kegiatan di luar perkuliahanku enggak santai sama sekali. Bentuk kasih sayang Allah yang bener-bener harus disyukuri sampai bisa selesai hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Malahan udah selesai sebelum tanggal pendaftaran sidang, dan hompimpa buat siapa yang mau sidang duluan karena yang bimbingan sama beliau mayoritas udah kelar cepet semua. Kocak ya, berasa main gundu :D


Terkait sama judul, aku mau bilang kepada diriku sendiri, kamu belum berubah banyak dari tahun 2019. Masih kayak bemo kejar setoran, masih belajar banyak dan cepat di satu waktu. Tapi gapapa, tahun ini banyak progres slow living yang udah kamu terapkan juga. Kedepannya, pasti kamu bisa jadi perempuan teduh. Gapapa, ditempa dulu, ditempa terus. Biar makin bagus, biar makin cantik bentuknya, makin kokoh partikel didalamnya. Ikhlas... Biar lega segala sesuatu yang kamu kerjakan jadi bernilai ibadah. Biar hati kamu bahagia.


Kalau buat dapetin dosbing aja harus belajar empat tahun dulu, baru bisa tahu cerminan diri dalam bimbingan skripsi, apalagi buat jodoh yang seumur hidup nanti?



Semangat berproses jadi baik, wahai jiwa-jiwa pejuang... Kuatkan diri, minta pertolongan Allah dalam setiap langkah.