Top Social

cerita-cerita untuk dikenang

Memilih Bahagia

Sabtu, 28 Agustus 2021

 Pagi yang tenang, sabtu yang indah. Segalanya jadi lebih jelas dan lebih jernih dibanding beberapa hari belakangan. Kemarin sempat menulis tapi ga di post karena energinya negatif.


Seperti teori fisika, energi itu kekal. Gak bisa hilang, tapi bisa berubah wujud. Maka dari itu, daripada tetap jadi energi negatif, tulisan-tulisan yang kemarin dibiarkan di draft bersama dengan rahasia-rahasia yang ada. Allah Maha Baik, dan yakin selalu ada kebaikan dalam setiap peristiwa.


Selepas subuh tadi, tangan bergerak sendiri membuka instagram, dan ternyata ada kajian dari UYM tentang mencintai Al-Qur'an. Allah Maha Baik, dan aku digerakkan oleh-Nya untuk duduk mendengarkan ceramah. Pembahasan hari ini tentang betapa dahsyatnya Qur'an nyerep semua energi negatif. KAGET DONG AKU PAS DENGER. Ya, kan emang ini lagi banyak energi negatif yang kalo dikeluarin jadi marah gitu mah ga solusi, ga dikeluarin nyesek bun hati sayahhh. Terus yaudahlah nyimak aja. lumayan lama tuh kagian, pokoknya pas tengah-tengah kajian itu aku juga lagi ada tes. Jadi dengerin ceramah sama ngerjain tes. Ya mudah-mudahan barokah deh. Biar Allah aja yang atur. 


UYM bilang "ini saya asal buka Qur'an aja, seketemunya surah apa, kita ngaji bareng." terus ketemu dah tuh surah An Nahl, 119-128. Belum apa-apa aku udah nangis duluan baca terjemahannya. Yee asli ini kayaknya kemaren bingung banget sampe nanya temen-temen "marah tuh gimana sih caranya, ini pengen marah tapi gatau marahnya gimana" eeeehh sama temen kantor malah dijajanin Pizza + boba alhamdulillah sih cuma tetep jadi kagak keluarkan si emosi negatif ini. Malah paginya, berasa ditunjukkin. Bener kata UYM, ini Allah yang bikin kayak gini semua, masa iya dari semua yang diciptain kaga ada yang bisa bikin lu seneng? ga ada yang bikin lu bahagia gitu? Gua (Allah) ga menyenangkan hati tamu (kita) apa? Heu terus nangis lagi. Kurang bersyukur amat ya aku tuh. Udah minta, dikabulin, malah disedihin. 


Kalo Allah itu aku pasti bakal ngomong: bloon lu, ada yg enak malah milih yg sedihnya. kocak dah. gitu kali ya haha. 


Kagak dah itu cuma ilustrasi, emang guanya ini yang bebel. Dari kapan tau udah ditunjukkin jelas-jelas depan mata. Masihhh aja keras kepala. Ngerasa ini bener kok, ini ga salah kok, kan ini kan itu. Pokoknya banyak alesan. Sampe pas gong berbunyi baru dah, haduh kacau hati, mental ama pikiran. Ngaji sih ODOC tapi ga dibaca artinya. Ehh diingetin sama UYM. Emang paling baik Allah tuh. Tempat bergantung satu-satunya, yang ga pernah ngecewain. Benerrrrr tad. Ampe nangis baca suratnya diulang-ulang bagian:

"tapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yg lebih baik bagi orang yg sabar"


Kalo denger permasalahan lain itu beneran gede banget loh. Kelilit utang milyaran lah, dijegal inilah, itulah. Masyaallah ngeri banget. Lah ini masalah hati, ucapan-ucapan kecil doang berasa dihujat satu dunia. Yang dihujat satu dunia aja dia anteng, kenapa gua yang gampang baperan. Abis itu diingetin tentang kisah Nabi Ibrohim. Dah, abis itu dunia gua kayak tiba-tiba jadi lapangan sepak bola di pagi hari. Lega, luas, ijo, adem.


Pertolongan Allah itu dekat, makanya Dia tunjukkin semuanya. Awalnya gak kerasa, masih tipis-tipis, goyan-goyang dan terus terguncang, sampai gong nya udah bunyi kemarin pagi. Terus rahmat Allah ini masa iya ditangisi kesedihan bro? Udah liatnya yang bikin seneng aja. Tuh liat temen-temen yang masih nagihin kerjaan di grup, yang kirim-kirim makanan mulu, yg pada perhatian kaga disyukuri malah nyari kesedihan sendiri kan suatu kebodohan. Tapi gapapa, Allah Maha Menerima Taubat. Selama belum mati, masih terbuka kok pintu taubat dan hidayahnya, insyaallah.



sabar itu berat, tapi ga sabaran itu lebih berat



Jadi yaudah dah sabar aja. Puyeng dikit, obatnya baca deh itu Al-Qur'an. Kan Asy-syifa, penyembuh. Obat galau, obat stres, obat capek, obat sakit, obat segala obat, ilmu segala ilmu, kalamullah, Qur'an. Apalagi perkara gini doang, harusnya ga perlu dipusingin. Inget, masih ada orang-orang yang harus digaji per-project. Kudu bener kerja di dua tempat. Mana belajar juga yang lain. Deuh sibuk dah, ngapain sih masih aja nyari kesibukan lain yang ga penting.


Nah, yang mau pergi ya pergi, yang mau datang ya duduk. Lagian kita semua cuma tamu. Semua yang kita punya cuma titipan Allah. Kenapa dah pusing. Udah kasiin aja dah, nih Ya Allah, punya Engkau. Beres kan. Yang bikin sedih gausah diliat, yang ada disyukuri.


Abis ini pasti ada jalan cerita yang seru. Life is never flat kalo kata jargon Chitato. Udah ya, aku pilih jadi bahagia. Besok mari kita lihat tulisanku isinya apa. Hehe.