Top Social

cerita-cerita untuk dikenang

Tobatnya si Hoarders

Senin, 09 Mei 2022
Di usia berapa kamu baru sadar kalau dirimu itu tipe penimbun alias hoarders? Kalau aku di usia 24 tahun.

Setelah masuk kerja di kantor dengan orang-orang yang mayoritasnya sudah selesai dengan diri sendiri, aku melihat banyak sekali hal yang perku kuperbaiki segera. Salah satunya adalah: Hoarding.

Hoarding disorder, dari apa yang aku cari adalah perilaku gemar menimbun barang yang tidak berharga. Pokoknya apa aja disimpen deh. Aku punya banyak penggaris waktu SD dan masih bagus, pensil mekanik, pulpen gel warna warni, tas selempang, dll alasannya bisa karena menganggap barang tersebut akan berguna di kemudian hari. Ada juga pin/bros naruto yg dikasih sama temen-temen sekolah dulu, ada juga yg dikasih gebetan pas SD (buset kecil-kecil udah genit), sampe masih nyimpen krayon patah juga karena sayang kalau dibuang :')

Alhamdulillah' ala kulli hal. Keinginanku tahun ini adalah selesai dengan diri sendiri supaya segera memberi manfaat lebih luas kepada yg lain. Pelan-pelan mengharmonisasi dari dalam, memperbaiki komunikasi, melanjutkan perjuangan dari guru-guru yang ilmunya ditransfer padaku sejak bangku TK hingga kini.

Aku baru tahu istilah ini di tahun kemarin, saat menunggu seminar keuangan dimulai. Merefleksikan hasil test dengan kebiasaan sehari-hari ternyata mengetuk hati si anak keras kepala ini. Ternyata memang banyak yang harus diperbaiki.

Ngomongin soal Hoarder tipe, kemarin baru aja 'membuang timbunan barang' dan tentu aja ada perasaan aneh (semacam gak rela dan agak keberatan). Jujur, pas beresin barang itu sering terjadi nostalgia sampai bisa 6 jam buat beresin meja dan lemari doang. Banyak buku yang kemudian di loak, baju dikasih ke yang mau, dan meskipun sudah berdus-dus yang sudah 'dibuang' tapi ternyata masih banyak benda tak terpakai di rumah.


Kalau bukan karena mikirin gimana nanti di hari akhir, apalagi saat perhitungan amal, kayaknya itu barang masih bertengger di rumah deh. Tapi takut gak sih, kebanyakan nyimpen barang dan gak di pake tuh malah memperlama di padang mahsyar? Matahari berasa sejengkal di atas kepala tapi gak bisa lewat shirat karena masih ngitung dosa dari timbunan barang yg gak dipake. Hadeh mendingan aku kasih ke mereka yang lebih butuh aja deh!


Alhamdulillah banget ada yang mau nampung baju-baju bekasku. Thrifting kan harus beli ya, ini mah ambil gratis insyaallah masih bagus dan bersih. Cuma pasti beberapa orang banyak yang gengsi pake baju orang lain.


Padahal kenapa coba ya, nih beberapa manfaat menurutku ketika dapet baju bekasan:

1. Mengurangi limbah baju
Kalau baju dibuang itu kainnya gak bisa terurai. Sama kayak plastik, baju yang dibuang begitu aja gak bakal bisa tiba-tiba bikin tanah jadi gembur :') jadi pake baju bekas = go green.

2. Hemat
Baju baru tanpa keluar uang, salah satunya bisa pakai baju bekas orang lain. Kalau di instagram ada namanya @tukarbaju jadi daripada beli baru, mending tukeran sama orang lain biar ga bosen sama baju yg itu itu saja.

3. Mix n Match
Kalo tipe nyentrik atau yg suka kombinasiin baju gitu sih cocok banget buat pilih beberapa baju bekas. Again, daripada beli baju baru dan belinya banyak padahal dipake cuma sekali atau beberapa kali aja, akan lebih bijak jika uangnya dipakai untuk hal lain, misalnya traktir orang terdekat mungkin?


Setelah tau bahwa nimbun barang tidak ada gunanya selain bikin penuh rumah, aku memilih tobat. Baca bukunya Marie Kondo The life changing magic of tidying up dari 3 tahun lalu tapi baru bergerak tahun ini. Kupikir sesuatu yang spark joy itu yaa kan mesti disimpan. Tapi gak semua spark joy bisa disimpan karena WE ALL GROWN UP! Meskipun aku masih pake binder dari zaman SD sampe umurku sekarang (artinya aku hoarder level akut gak sih kalo ini wkwk) tapi tetep aja masa iya masih mau nyimpenin seragam sekolah sama semua buku LKS dari SD-SMA?????? Untuk apa.......


Kuakui gak mudah untuk berubah, membuang barang beserta memorinya ke tempat lain juga menantang adrenalin, tapi setiap tindakan dinilai dari niatnya kan. Jadi yaa balik lagi ke niatnya: buat apa nyimpen barang tersebut? Mau dipake, mau dikasihin supaya bermanfaat buat orang lain, atau disimpen aja sampe gak bernilai lagi?


Choose your fighter! 





Barakallahu fiikum, 
Estuwise