Top Social

cerita-cerita untuk dikenang

Konsisten VS Kemalasan

Rabu, 02 September 2020



Pertanyaan yang sejak zaman dahulu kala belum selesai dipecahkan adalah gimana ya biar konsisten ngerjain sesuatu?

Kayaknya aku tuh belum cocok ngobrolin konsistensi, ya orang diri sendiri sering oleng ngerjain sesuatu yang bukan jam nya. Tapi memang gak bahas dari hal itunya, justru mau bahas dari hal kemalasannya.

Setelah umur 20 tahun lewat, makin terasa sebenernya yang bikin hidup gini-gini aja tuh ya karena nggak punya goals. Sesederhana hari ini mau pergi ke A atau mau baca buku A sampai selesai aja nggak. Hidup beneran berasa mengalir aja, ada yang ngajak main ya ikut, kalau ga ada ya diem aja kayak ubi.

Terus pasca tsunami perasaan, baru deh tuh beneran di gaplok sama dunia. Bayangin 20 tahun tuh nggak punya sesuatu yang bisa dibanggain sebagai diri sendiri, terus clueless mau apa, bahkan mempertanyakan diri sendiri "sebenernya kamu siapa dan ngapain di dunia ini"

Ada untungnya juga ya punya gejolak asmara yang kandas, jadi bisa resetting diri sendiri. Kemalasan yang sudah jadi trademark mulai cari celah, biar tetep bisa mager produktif sambil pengembangan diri. Caranya? Nggak tahu hahaha Tuhan yang kasih petunjuk, tanganku gerak sendiri ngisi form dan jeng jeng jeng, terbang ke Bandung buat magang di studio komik. Terus diminta menggantikan content writer lama jadi sebelum lulus kuliah aku punya kerjaan freelance, pas lulus dapat interview di start-up buat jadi design grafis.

Terus konsistennya di mana?

Aku bisikin ya, konsisten itu nggak datang dalam sebulan, nggak juga datang setahun, apalagi semalam! Namanya latihan konsisten ya, coba trus gagal, coba lagi, gagal lagi, males lagi, coba lagi konsisten 3 hari, eh hari ke 6 udah males lagi. Tapi ya gitu aja, coba terus sampai nemu settingan yang pas.

Sebenernya dulu tuh punya prinsip untuk konsisten menjadi orang mager. 
Serius aku tuh nggak suka jadi rajin karena pasti diceng-cengin mulu haha, makanya enak jadi orang males gitu tau, nggak jadi spotlight, nggak jadi bahan omongan (eh ya kalau males banget mah malah jadi omongan sih), menghindari konflik banget lah pokoknya. Tapi sekarang, meskipun banyak mager tapi sudah merasa ada perubahan kok sedikit.

Nah, nanti kalau sudah beneran jadi orang yang konsisten, aku kasih tipsnya deh! 

Sedikit progres tetap progres, keep going.