Top Social

cerita-cerita untuk dikenang

Self Improvement Years

Sabtu, 06 Juni 2020
Pagi,
ini cerita pertama di tahun 2020 setelah pasang surut ombak di lautan, nyobain hal lain, belajar ini itu, pergi ke sana dan ke sini (tapi ga jauh-jauh kan gue orangnya mageran), cuma tetep aja balik lagi ke nulis. Berasa jadi safe zone, deh.

Awal tahun 2020 itu optimis this years will be my years, soalnya udah wisuda, udah dapet ijazah, udah punya kerjaan yang pake sistem gaji (biasanya kerja serabutan hahaha), alhamdulillah merasa udah cukup meskipun banyak banget kurangnya mah.

Masuk ke bulan februari baru deh kacau dunia ini penuh isu virus dan berujung pada permasalah kesehatan dan ekonomi. Gue sendiri gak punya pandangan secara khusus terkait ini dan memilih nurut aja sama pemerintah. Mau apapun itu keputusannya (anaknya tuh careless banget maaf). Apalagi masih masa transisi di mana gue pengen banget liburan tapi kerjaan ga ada abisnya banget, udah gitu kayak... duit tabungan kepake hal-hal ga penting mulu (ga yakin tiket konser itu penting atau ga tapi karena band favorit keburu khilaf beli), sampai akhirnya berbulan-bulan begini terus kondisinya gak jela bikin ngerasa useless banget hidup. Ga bermanfaat banget, berasa gini-gini aja.

Jujur, gue kira part paling menyedihkan itu udah kelewat di tahun 2019. Dampak mental karena kecewa tuh udah paling worst menurut diri sendiri di tahun itu, udah cukup super sedih sambil nangis-nangis sambil menyelesaikan skripsi juga dan sambil ambil kerjaan nulis freelance. Ya sibuk banget, sumpah tahun 2019 tuh berasa tombol F4 di the sims alias fast forward banget. Banyak sedihnya tapi lebih banyak bersyukurnya. Jadi ngerasa di tahun 2020 tuh bisa lebih maju dan bahkan memulai lagi apa yang pernah di skip karena banyak alasan. EH TAUNYA ENGGAK DONG. Si Koronamaru ini ujug-ujug datang bikin semua rencana dan angan-angan berasa angin semata, terasa ada tapi tidak ada wujudnya. 

Wacana nonton konser, postponed. Trip, cancel. Belajar naik mobil, cancel. Mau punya sim, cancel. 

Tapi yang bikin stress bukan semua hal itu ke-cancel. Gue bukan tipe orang perfeksionis yang bikin to do list naninu dan kalau ga dilakukan bakal sedih ternyata hahaha (baru sadar kalau selama ini hidup gak pernah terjadwal dengan disiplin, dan memilih hidup kemana arah angin mengggiring saja setelah WFH 3 bulan lamanya). Justru gue stres tuh karena kegiatan gue gak ada yang seru, gitu-gitu doang, ga asik, ga menantang, dan gue boseeeennnn banget mengurung di dalam ruangan mulu. Stress.

Padahal dari kecil emang anak rumahan, tapi bisa stress di rumah mulu ya umur segini.

Jadi mini riset gue beberapa bulan belakangan adalah :
1. Kerjaan ga tau waktu, berasa 24/7 kerja mulu woy yailah kagak pernah ngepel sama beres-beres sampe stres. 
2. Bersihin kamar itu menyenangkan apalagi sambil nyetel musik (mohon maaf kalau penganut musik itu haram, punten saya ngeberisikin kalian yah. semoga Allah maafin kita semua)
3. Kebanyakan nonton karena gak ngerti mau ngapain lagi kalau ada sedikit waktu luang dari kerjaan.

3 Bulan terakhir ini banyak merenung sama ngehalu (efek kebanyakan nonton) sih, sampai demam Thailand gue dan rela-rela buang kuota buat belajar speaking in thai di youtube tau, meskipun cuma bisa beberapa kata doang yang diinget hahaha. Makanya kayak useless banget. Mana di rumah tuh pada cuek-cuek semua ya. Makin aja gue mojok di kamar alone sambil pasang headset nonton Thai-series.

Belajar dari ketidakbergunaan itulah akhirnya, gue ambil kelas Bahasa Arab. LAH KOCAK BANGET KATANYA DEMAM THAILAND??!!! Itulah gue kadang anginnya kenceng banget, kadang ga ada anginnya. Hahaha. Mau sih belajar Thai, tapi ngeliat kemampuan nulis Bahasa Indonesia aja masih sering kachaw jadi mending gue belajar bahasa sendiri dulu dah. Sama kalau Arabic kan bakal lebih sering dipakai ketimbang Thai. 

Baru belajar Fi'il, Isim, sama Huruf lagi setelah lulus madrasah pas mau SMP gitu. Perasaan pernah belajar, tapi itu pas madrasah yang kayaknya udah puluhan tahun lalu. Ohhooo tidak lupa belajar bahasa inggris juga, karena berpikiran kalau new normal udah bisa normal bakal ambil tes TOEFL, ada niat juga buat daftar-daftar apa kek gitu ya, niatnya sih mau lanjut studi kalau ada yang mau sponsorin :) kalau gak ada ya mau cari sponsoran dulu.

Gue belajar bahasa lagi, belajar mewarnai (ini serius bgt soalnya pas matkul visual dapet nilai C dan emang gue bloon bgt aja sih ga ngerti apa itu rasa apa itu visualisasi hahahaha), gue ga belajar masak kayak orang-orang di sosmed tuh emang karena mager dan ga gitu suka makan (makan aja ga suka palagi masak hahaha) berkebun juga gak gue lakuin (karena siang malem revisi desain mulu gua cuy ga ada liat sunset sunrise, lampu 24/7), skill gue ada di jari alias bisanya main komputer, nulis, galau hahaha dah lah memang hidup gue rasanya agak ga guna, sejak itulah timbul keinginan untuk bikin sesuatu yang agak bermanfaat seperti misalnya posting di instagram dgn tema-tema universal, terus bikin es krim di rumah, kegiatan sehari-hari setelah bangun pagi dan sholat ya nonton, makan nasi kuning mba-mba yang lewat di depan rumah, buka laptop, kerja, tutup laptop, baca buku, nulis, nonton lagi, gitu aja udah.

Meskipun kayak skip years, tapi kalau gue pikir lagi ini tuh malah tahun terbonus dalam hidup sih. Kapan lagi coba kalender jadi merah semua berbulan-bulan? Bikin kita jadi lebih aware sama batas-batas kelebihan dan kekurangan sendiri, bikin mikir kita tuh maunya apa sih dan dari kesadaran itulah yang bikin kita semangat hidup dari hari  ke hari.

Ah ya, kayaknya ini blog jadi tempat curhat aja deh. Mau ada yang baca oke, gak ada ya udah gapapa. Semoga 2020 beneran jadi tahun untuk pengembangan diri, jadi di tahun selanjutnya, gue lebih siap sama banyak hal baru dan menyenangkan lain.

Jangan lupa cuci tangan!