Top Social

cerita-cerita untuk dikenang

Nulis Bareng Tuh Apa dan Ngapain Aja Sih

Rabu, 17 Juni 2020

Halo...
Halo lagi, hehe. Kali ini rada sales promotion dulu, karena alhamdulillah keinginanku terwujud satu di umur 22 ini. Niatnya sih mau punya buku sendiri sebelum mencapai umur 25, awalnya maju mundur terus gara-gara isi kepalaku ini maunya punya buku dengan moral value yang 'wah' dan 'wow' tapi nggak tahu apaan hahaha. Tapi udahlah yang penting sekarang itu tetap sehat aja dulu guys, tulisan jelek akan berkembang jadi baik kalau berusaha. Oh, iya! Terima kasih atas pengalaman patah hati dan kehilangan, aku tuh ya duluuu selalu mendadak produktif kalau lagi galau. Makanya suka jadi banyak pengalaman karena banyak galaunya!!! Iya deh, makaseeehh buat kalian-kalian yang bikin diri ini termotivasi untuk bergerak karena nggak mau inget-inget kalian lagi :p ah, udahan ah latar belakang ceritanya segitu aja.

Awalnya tuh aku iseng, ya biasa namanya orang galau, sebanyak apapun kerjaannya jatohnya jadi gabut. Terus karena gabut, main sosmed. Ada tuh yang nawarin :

"Halo kak, kita lagi ngadain event nulis bareng nih, nanti tulisan kakak akan dibukukan lho. Klik xxxx.com untuk registrasi ya. Fee-nya sekian ya kak."

Gak pakai banyak mikir, ikutan aja. Dan ternyata langsung nulis cerpen gitu lho dikumpulkan baru dibahas bareng-bareng. Sedangkan aku yang waktu itu, mikirnya wah bakal punya buku sendiri. Hahaha kocak ya, salah kaprah.

Jadi sebenarnya apa sih nubar alias nulis bareng itu?
Nubar ini semacam event atau kegiatan yang dibuat oleh lembaga/kelompok tertentu untuk menjaring orang-orang dengan minat yang sama. Kalau menurutku, kegiatan nubar ini bagus banget untuk yang senang menulis supaya karyanya gak cuma di-save di komputer masing-masing. Bagus juga jadi punya kenalan teman-teman penulis lain, biar bisa sharing buku kesukaan, atau rekomendasi bacaan, atau siapa tahu kan ketemu soulmate karena satu grup kepenulisan? Hehe.

Kegiatan Nubar cuma nulis?
Sepengetahuan yang aku alami sendiri, kegiatan nubar yaa memang menulis. Menulis chat juga menulis hehe. Tapi, kalau memang yang mengadakan event nubar dari penerbit mayor (atau biasanya penerbit indie lebih sering mengadakan kegiatan semacam ini) mereka punya alur kegiatan yang nggak hanya menulis. Ada kelas-kelas dengan pembicara kenamaan seperti misalnya Author novel best seller dari penerbit tadi.

Ngapain sih nubar? Kan bisa nulis sendiri...
Banyak dari para penulis sudah punya rasa kepercayaan diri seperti ini. Bagus lho, jadi nggak mudah mlempem kalau ada yang bilang cerita kalian 'biasa aja' dan tetap produktif menulis. Sayangnya, banyak juga penulis yang gampang minder, ngerasa tulisannya lebay, jelek, aneh, dan lain-lain sampai nggak pede dengan karya sendiri. Padahal kan sayang, tulisan satu paragraf itu berharga lho!! Coba bayangkan kalau J.K. Rowling nggak membuat satu paragraf pertamanya, mana ada Harry Potter dan Hogwarts Universe di dunia ini??

Kalau mau ikut nubar, gimana sih?
Pertama-tama, yang perlu kamu lakukan adalah punya akun sosmed!! Kok harus punya sosmed sih? Aku nggak suka upload-upload foto!!! Nah, tenang. Aku juga nggak begitu suka upload foto apalagi foto muka hahaha entah kenapa rasanya aneh aja liat muka sendiri ada di timeline kecuali kalau fotonya bagus sih oke-oke aja haha. Eh ngelantur. Iya, pokoknya kamu harus punya akun sosmed (mau instagram atau twitter bebassss) supaya bisa follow akun-akun penerbit buku. Boleh akun besar seperti gramedia, elex, dan teman-temannya. Bisa juga follow penerbit indie seperti Ellunar, Haru, Spring, Katamedia dan lainya. Karena zamannya sudah canggih, biasanya para penerbit ini butuh ide-ide segar dari para penulis baru. Nah, disitulah kesempatan kamu untuk mencoba.

Ada keuntungan lain gak sih dari ikutan nubar?
OOOOO tentu banyak!
Kalau dulu aku nggak ikutan nubar, aku gak bakal kenal dengan orang-orang penerbitan. Nggak kenal dengan penulis-penulis kece yang sekarang sudah pada dilirik penerbit mayor. Tentunya sebagai golongan orang-orang fresh grad (padahal sudah lulus dari tahun kemarin), untuk memperbaharui CV ini bagus banget! Apalagi kalau mau berkarir didunia kepenulisan seperti content writing, penulis naskah film, UI/UX Writer, dan sebangsanya, hal ini baguuuuuuuuuuuusss banget buat nambah pengalaman kamu.

Hmm... Mau nanya tapi bingung...
Yak, kalau bingung boleh tanya-tanya via dm instagram ke @pedemenulis ya! Boleh juga sekalian follow instagramnya, karena setiap weekend, bakal ada postingan materi disana. Oke?



@pedemenulis