Top Social

cerita-cerita untuk dikenang

Mau Nulis Apa?

Senin, 08 Juni 2020
Punya niat udah, terus... apa? Ngapain dulu? Harus gimana?

Setelah dua tahun lamanya vakum menulis di blog, akhirnya dapat hidayah untuk kembali ke jalan yang itu-itu saja. Kayaknya emang gak jodoh sama dunia ilustrasi dan sebangsanya. Beneran deh, dua tahun ini belajar ini itu tapi ujung-ujungnya nulis lagi... nulis lagi....

Mau berterima-kasih dulu untuk masa lalu yang tanpamu mana sudi aku kembali menulis. Filsuf itu jadi pemikir karena hidupnya susah, penulis kurang lebih sama-lah ya. Sama-sama kurang beruntung dalam satu hal terus mikirin sampai jadi filsuf. Ya, itu sih menurutku. Jadi yaudahlah ya. Pokoknya terima kasih sudah membuka jalan untuk masuk ke dunia kepenulisan. 2 Tahun punya pacar bukannya bahagia malah produktif nulis buku saking stresnya hahaha. Aduh ... males banget deh kalau diinget-inget yang itunya mah, yang penting sekarang sudah punya arah dan tujuan. No more galau! Ya, kalau galau juga bukan karena orang deh sekarang tuh, udah beda.

Nah, dipikir lagi hari ini genap semua ya?

8.6.20

kalau dijumlah jadi 15.20 tapi pas nulis tadi sih jam 19:15. Duh apa sih, nggak penting banget ya? Tapi ya buat jadi memori aja, siapa tahu 5 tahun ke depan sudah gak blogspot lagi, atau minimal blog ini jadi memorial post buat seru-seruan sambil mengingat tahun covid.

Balik lagi, sebenarnya mau ngepost apa sih kalau sudah sekian lama?

Nah, itu. Kadang aku sendiri nggak tahu mau bawain value atau nilai apa yang biar orang-orang yang aku kenal tuh jadi manfaat. Jujur aja dari zaman kuliah juga sering banget dikasih masukan sama dosen kurang lebih intinya mau gimanapun bagusnya desain, yang penting impact! Value! Nilai! nah loh. Berkali-kali dikasih tahu, tapi teteuppp apa sih yang mau kita bagi? Dampak positif dari sisi mana? Kan banyak? Pusing.

Jadi gini aja deh, selama ini kalau bingung, aku tuh biasanya melakukan hal berikut ini:


Mindmap itu seperti stabilo di buku tulis, bikin kita ngeliat highlight dan lebih bisa mengurutkan sesuai kelompoknya. Bagiku mindmap berguna banget biar bisa organize thought, jadi tahu apa dulu yang dibutuhkan biar kerjaan ini clear, paham harus begini dan begitu sebelum bisa ini dan itu. Mindmap bisa dibuat di sembarang tempat. Mau kertas bekas, mau halaman belakang buku, bebas! Selama itu bisa membuat kepala lebih ringan dan terstruktur, ya tulis aja. Tulis sampai bagian-bagian terbikin insecure, pokoknya biar pikiran lebih tenang tuh kita harus paham ketakutan diri sendiri. Jadi, bisa antisipasi ketika ada ancaman yang membuat diri sendiri ketakutan.

Saking bebasnya, mindmap ini bisa kamu bikin pakai poin-poin, mau dikasih warna-warna, atau apa deh terserah. Sesukamu.

Aku dari sekolah dulu, nggak pernah bisa bikin catatan yang rapi dan terstruktur kayak scrapbook ala-ala gitu. Padahal lucuww tapi ya Allah... bukannya ngerti, yang ada aku malah pusing karena nggak terorganisir sesuai dengan tempatnya. Entah terlalu rapi, terlalu banyak teks, lalalili pokoknya malah pusing baca catatan pelajaran yang rapi-rapi.  Makanya, kalau ada yang bikin pakai poin-poin pas jawab soal essay, itu pasti aku hahaha.

Terus, kalau udah punya mindmap, apa??


Jujur, ketika nulis postingan blog ini, aku bahkan nggak tahu mau nulis apa. Mindmap yang aku bikin isinya self thought kerjaan yang masyaallah, hmmm banget pokoknya dah. Terus pas ngetik... nggak tahu udah poin ke dua aja. Mungkin kebiasaan nulis di web sebelah pakai poin-poin juga, jadi udah habit. Kalau yang belum biasa nulis, mungkin kalian tinggal tulis aja kata-kata yang lagi kalian suka. Kayak...

Everything is impossible until someone make it possible. -Rotasi Revolusi
Aku lagi suka banget sama bukunya Kak Troia nih, judulnya Rotasi dan Revolusi. Ini buku wattpad yang cukup bagus menurutku, nggak kayak romance wattpad yang badboy ketemu cewek baik dan berubah jadi cowo baik-baik, cuih. 

Yaa, bebas mau curhat atau gimana isinya mah, yang penting nulis dulu. Biar apa? Biar terbiasa. Iya deh bahasanya kaku, atau setengah formal setengah informal, ga konsisten pakai aku apa gue, atau segala keluhan orang-orang yang bingung mau nulis apa, intinya TULIS AJA DULU EUY JANGAN RIWEUH SAMA TEKNIS.

Kalau nggak enak dibaca, ya biarin aja. Namanya juga pemula, jam terbang masih nol. Dua jam di depan laptop cuma bisa nulis satu paragraf, 200 kata juga nggak apa-apa. Save dulu aja, mau di post langsung juga boleh. Atau ngumpulin 200 kata sehari, besoknya nulis lagi 200 kata, pas udah 600 kata di post, juga nggak apa-apa.

Kita tuh belajar sampai liang lahat, jangan takut kalau lagi belajar nulis terus lambat dan tulisannya masih nggak enak dibaca (aku juga tulisannya jelek tapi pede aja dulu ah nulis di blog. Kalau malu-malu terus kapan bisa sampai Eropa coba?)

Nah, terus abis nulis ngapain.

Ya...... ngapain lagi? Nulis aja dulu. Tulis apapun, kalau ada yang aneh, perbaiki. Kurang baku? Pelajari lagi sesuai PUEBI. Kurang komedi? Tambah dialog lucu. Pokoknya berkembang sesuai dengan yang kita mau. Jangan dibikin pusing. Kita nulis untuk siapa sih, selain buat diri sendiri. Bagus kalau memang bermanfaat buat orang lain, tapi kalau belum bisa bermanfaat, setidaknya kita sudah lebih baik dari diri kita yang kemarin masih mager-mageran.

Nah, segitu dulu yaaa.

Semoga memberi inspirasi dan semangat buat para teman-teman yang mau menyelami dunia kepenulisan ini. Semangat!