Top Social

cerita-cerita untuk dikenang

Kuliah di Negeri atau Swasta?

Jumat, 10 Juli 2015

Kenapa PTN selalu nomer satu?

Well, gara-gara kemaren tuh tgl 9 juli 2015 pengumuman sbm yang bikin heboh karena temen lebih banyak yang gak lolos dan lebih banyak yang nyesek. Saya jadi mikir ulang.. Kenapa sih pada milih PTN? Well, menurut temen cowo saya sih "siapa coba yang gamau sekolah di negeri trus biayanya ringan" yayaya. Siapa yaa yang gamau. Aku sih sebenernya gamau, tapi ngga ngomong aja ke dia. haha. /abaikan/ tapi masalahnya yang mau PTN itu nyaris 98% dari jumlah pelajar SMA. Yang diterima? Beuh, ga nyampe 50%nya dah! Ciuz.

Sebagian orang tua masih berfikir kalo anak yg masuk PTN itu keliatan "wah" dan "bergengsi". Buat apa-apaan? buat dipamerin ke tetangga komplek, pamre ke sanak sodara atau blablabla. kan kalo yang masuk PTN itu punya almamater, lulusannya udah jadi orang semua. Sebut aja bapak SBY yang lulusan IPB atau RI 1 kita bapak Jokowi yang lulusan UGM.

Gak kaya anak PTS yang kesannya "blangsak" atau bahasa kekiniannya "madesu". Padahal mah yang blangsak dari PTN kan ada juga cuma emang lebih banyak dari PTS sih haha. Tergantung masing-masinglah intinya mah.. Kalo di PTS bisa sukses kenapa engga? Alhamdulilahnya, saya terlahir di keluarga yang pikirannya ngga sempit yang kudu-wajib-harus masuk ptn. Ibu ayah saya orangnya fleksibel banget. Saya sekarang anak PTS di jakarta, kebetulan meski anak semata wayang saya dibolehin pergi menuntut ilmu ke ibukota negara indonesia itu. Dengan banyak pertimbangan dan perdebatan tentu saja. Yaelah, emang orang tua mana yang rela anak cewenya (satu-satunya lagih) pergi merantau tanpa ada sanak sodara coba? Emang, my parents itu asoy geboylah kaya teh maya ini talkshow. Ortu paling sip (kalo lagi bener haha /eh aib/) i love ya!!❤❤

Btw, Saya kan MANTAN ANAK SNMPTN nih, jadi taulah rasanya pas gagal. Meski gak ikutan SBMPTN karena saya udah fix masuk PTS yang ngasih saya beasiswa penuh selama 4tahun, tapi kalo masalah baca "mohon maaf anda belum blahblahblah~" saya juga tau kok rasanya. Ciuz.

Sekarang banyak temen saya yang galau (dari dulu sih galaunya). Mau kuliah dimana? Snmptn gagal, sbm gagal juga, sedangkan kata ortu gaboleh ke PTS. Gak mau nunggu taun depan juga, gak mau UM karna mahal banget. Kalian tau galaunya kaya apa? Lah! Gak bisa di ucapkan dengan kata-katalah pokoknya... Galaunya Udah diatasnya tingkat ibukota, tingkat nusantara, Udah diatasnya galau tingkat dewa (mungkin).

Yang galau gak cuma temen-temen saya. Saya yang dicurhatin juga jadi ikutan galau. Ntar mereka bakalan gimana, mau lanjut kemana. Apalagi ini udah musim lebaran. Ketemu keluarga besar terus ntar ditanya "kuliah dimana?" aaaaaaahhh! Tenggelamkan hayati di rawa-rawa bang! Pertanyaan paling nusuk dan paling dihindari banget kalo gagal sbm. Waktu gagal snm sih masih bisa bilang "ntar ikut sbm dulu" sambil senyum tegar. nah kalo sekarang mau ngeles apaan lagi neng?

Orang tua yang tersayang, kenapa harus PTN? Kalau anaknya suka dengan jurusan yang sesuai dengan cita-cita sang anak. Kenapa gak coba ke PTS? Maaf pak, bu. Bukannya saya sok tahu dan menggurui, apalagi saya kan cuma anak yang baru lulus SMA, tapi Kalo misalkan masih memaksakan anaknya masuk PTN mah, kasian si anak juga kan?

Saya bersyukur meskipun saya gagal masuk PTN, tapi masuk PTS gak masalah. Apalagi dapet gratis belajar 4tahun sampai lulus S1. Ibu bilang dia berdoa yang terbaik untuk saya. Dan jawabannya mungkin di PTS, duh jadi terharu. Maaf yaa bu gabisa masuk PTN tapi insyaallah, di PTS saya gak akan nyianyiain kesempatan dan kepercayaan ibu dan ayah.

Saya di blog ini cuma sekedar curhat, syukur-syukur bisa di review ibu/bapak yang anaknya lagi nangis dikamar gara-gara gagal SBMPTN. terima kasih buat yang udah baca.

Boyz, girlz, nih yaa.. Allah udah nyiapin yang terbaik. Yang kita lakukan tinggal tunggu sambil usaha aja. Kalo udah usaha trus masih gagal? Hmm.. Gimana yaa, tapi yang namanya rezeki mah gak kemana kok. Bener deh..