Top Social

cerita-cerita untuk dikenang

Belajar Basic Digital Marketing Selama Seminggu

Jumat, 07 Mei 2021



Ternyata semakin banyak cari tahu, semakin nggak tahu apa-apa.


Siapa di sini yang hidupnya lebih banyak ngeliatin medsos? Ya aku. Bangun tidur, selain matiin alarm, ya tentunya buka medsos untuk membalas pesan-pesan yang masuk ke notifikasi. Mungkin tiga sampai empat puluh lima menit setelah bangun tidur dihabiskan untuk membuka ponsel sambil 'ngumpulin nyawa' kira-kira.


Begitulah cerita awalnya, kebanyakan main medsos bisa menarik sebuah iklan masuk kedalam timeline post dan berujung aku harus belajar digital marketing secara intensif selama seminggu karena temakan instagram ads! Untung gratis kursusnya. 


Memahami konsep digital marketing tidak sama dengan sales, 

meskipun sales adalah bagian dari digital marketing.

-Razi Thalib-


Karena cuma seminggu, aku diajari tentang basic dan tentunya tools marketing walaupun hanya dari satu channel marketing. Aku belajar bikin landing page sendiri yuhuuu! Punya pengalaman handle e-mail marketing, kurang lebih udah bisa paham dengan cepat dan adaptasi sama tools yang dikasih. Anyway, aku mau share apa-apa yang aku pelajari. Karena kan ini gratis dari revoU jadi kupikir engga apa-apa aku share ke blog pribadiku.


Lagian aku lumayan seneng belajar DM, asik gitu berasa menggabungkan kemampuan receh yang kupunya untuk jadi sesuatu yang lebih baik. Niatnya belajar memang iseng, tapi kalau diseriusin sepertinya bisa juga. Meskipun kayaknya aku belum pernah sih sampai leads gitu, paling mentok di awareness aja nih.


Wah, bahasanya mulai pakai istilah anak DM ya, tapi gak apa-apa.  Karena kamu baca postingan ini, artinya kamu juga ada ketertarikan sama dunia marketing! Welcome to the club!


Alasan-alasan kenapa aku dan kamu harus belajar marketing dari sekarang

1. Digitalisasi semakin cepat, dampak pandemi (semua orang main hp)

2. Digital Marketing lebih murah untuk dicoba (dimulai dari bikin konten bund)

3. Belajar DM bisa dari mana saja (otodidak dari universitas youtube pun bisa aja)

4. Menghasilkan uang yang tidak sedikit (kalo leads dan margin gede oke bgt sih)

5. Bisa dikatain melihara babi ngepet karena kerja di dalam rumah terus (hm)



Lagi ramai tuh tetangga julid yang heran "gak keluar rumah kok punya duit terus, babi ngepet kali ya." padahal kan siapa tahu aja kerja jadi trader saham atau punya usaha online shop jadi dropshipper LOL, husnudzon itu lebih baik guys. 


Oh iya, aku belajar di Mini Course RevoU, bisa google sendiri ya atau instagramnya ada juga kok gampang tinggal search! Kelasnya lumayan padet sih menurut aku, jadi senin sampai jumat itu bener-bener live session teorinya dipelajari, nah sabtu itu deadline tugas. Buat aku sih ini revoU marketingnya mantep ya. Jadi sengaja ngasih lihat gimana caranya mereka belajar di revoU, supaya kita dapet experience dan mau join program berbayarnya. But, it's actually worth to try! Oke banget untuk dicoba programnya revoU kalau kamu memang mau masuk ke dunia digital marketing, atau mau pindah haluan dari kerjaan sebelumnya ke kerjaan di ranah marketing. 


Apa yang aku pelajari?

1. Bedain Offline dan Online Marketing

2. Channel Digital Marketing

Secara garis besar, channel DM gratis dan berbayar adalah sebagai berikut:

- Search Engine Optimization (SEO)

- Search Engine Marketing (SEM)

- Customer Relationship Management (CRM)

- Social Media Ads

- Email Marketing

- Online Advertising

- Display Ads

3. Akuisisi VS Mempertahankan Pelanggan

4. Cara Memilih & Memprioritaskan  Channel Mana Secara Strategis


Peran sebagai Digital Marketing ini sendiri punya dua sisi, yaitu

Product Marketing

  • Memahami kenapa orang mau beli produk kita
  • Bisnis ada karena memberi solusi di masyarakat, jadi gimana caranya produk kita adalah solusi untuk masalah yang ada
  • Bisanya dibuat narasi tentang produk kita bedanya apa dengan yang lain, harganya gimana, dll pokoknya sangat 'produk' banget lah ya

Komunikasi Marketing

  • Lebih ke membantu customer mengambil keputusan & ambil tindakan (memilih barang mana yang paling cocok dan payment)
  • persuasif untu membuat orang dari gak tau ke tau, dari tau jadi pengen beli, dari pengen beli jadi beli beneran, dari beli ke pengen beli lagi.
  • Kasih value dan bangun hubungan dengan customer


Sisanya adalah latihan membuat website untuk branding dan membuat drip e-mail. Hmm apa perlu aku buatkan tutorial membuat landing page ala Mini Course revoU?


Jawab di komen yaaa hehe